Cara Beli Tiket KA Online


PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali mengoperasikan perjalanan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dan KA Lokal Reguler untuk masyarakat mulai 12 Juni 2020.

Bagi penumpang yang ingin membeli tiket kereta dapat memesan melalui online, dan membelinya langsung di stasiun atau offline.

Tiket dapat dipesan secara online melalui aplikasi KAI Access dan channel online lainnya mulai H-7 keberangkatan KA. Sedangkan penjualan tiket di loket stasiun dilayani mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan KA

Bagi para calon penumpang atau masyarakat yang ingin menggunakan kereta api, wajib menyertakan dokumen lengkap persyaratan sesuai Surat Edaran Gugus Tugas Covid-19 Nomor 7 Tahun 2020.

Berkas-berkas tersebut harus ditunjukkan kepada petugas pada saat melakukan boarding.

Adapun ketentuannya yaitu menunjukkan surat keterangan uji tes PCR dengan hasil negatif yang berlaku 7 hari atau surat keterangan uji Rapid Test dengan hasil non reaktif yang berlaku 3 hari pada saat keberangkatan.

Selain itu, menunjukkan surat keterangan bebas gejala seperti influenza yang dikeluarkan oleh dokter rumah sakit/puskesmas bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas tes PCR dan atau Rapid Test.

Penumpang juga harus mengunduh dan mengaktifkan aplikasi Peduli Lindungi pada perangkat seluler.

Cara beli tiket kereta api online

1. Transaksi pembelian tiket lewat KAI Access

Bagi para pengguna jasa kereta api bisa membeli tiket secara online lewat KAI Access. Aplikasi ini juga menyediakan cara refund dan reschedule tiket.

Cara mengakses KAI Access yaitu dengan mengunduh terlebih dulu aplikasi KAI Access di Google Play atau App Store di ponsel pintar. Kemudian, daftarkan diri dengan membuat akun di aplikasi tersebut.

Kamu bisa mendaftarkan diri dengan nomor telepon yang masih aktif. Sebagai identitas, kamu siapkan e-KTP dan cantumkan pada tahapan daftar akun.

2. Transaksi pembelian tiket lewat halaman resmi KAI

Kamu bisa membeli tiket kereta api secara online lewat situs resmi PT KAI di kai.id. Saat masuk ke situs, di sebelah kiri terdapat menu pemesanan tiket.

Atur pemesanan tiket mulai dari stasiun asal, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan, hingga jumlah penumpang.

Kemudian, klik pesan dan cari kereta. Lalu kamu bisa memilih kereta dengan harga yang tertera.

3. Hubungi kontak center 121

Kamu juga bisa membeli tiket melalui telepon ke nomor 121. Kemudian kamu akan tersambung dengan petugas yang melayanimu.

Jangan lupa siapkan e-KTP dan identitasmu untuk kelancaran proses pembelian tiket kereta api.

Setelah dilayani petugas 121, kamu akan mendapatkan kode booking atau kode bayar yang digunakan untuk melakukan pembayaran melalui e-banking atau ATM.

Sekadar informasi, terdapat batas waktu pembayaran sekitar 1 jam.

4. Membeli tiket di kanal penjualan lainnya

PT KAI juga bekerjasama dengan beberapa kanal penjualan tiket lainnya, seperti supermarket yaitu Indomaret dan Alfamart. Kamu dapat melakukan transaksi pembelian tiket di mitra KAI tersebut.

Kanal lainnya adalah e-commerce.

Setelah melakukan transaksi yang bisa dilakukan sendiri lewat mesin yang tersedia di supermarket atau melalui kasir, kamu akan mendapatkan kode booking.

Saat tiba di stasiun, jangan lupa untuk mencetak kode booking itu pada mesin cetak untuk mendapatkan tiket kereta api.

Salah satu channel penjualan atau pembelian tiket kereta secara online adalah lewat website KAI. Anda dapat mengunjungi https://kai.id/ dari perangkat komputer maupun ponsel. Atau mengunduh aplikasi KAI Access di Google Playstore ataupun App Store.

Cara Membeli Tiket Kereta Api Online:

1. Buka https://kai.id/

2. 2. Di halaman utama, ada kolom “Pemesanan Tiket”

3. Isi kolom tersebut, seperti Stasiun Asal, Stasiun Tujuan, Tanggal Keberangkatan, jumlah penumpang dewasa maupun anak-anak. Untuk penumpang anak-anak, usia di bawah 3 tahun tetap harus print tiket meski gratis. Sedangkan umur lebih dari 3 tahun, harus membeli tiket dewasa

4. Setelah itu, klik “Pesan & Cari Kereta.

Sebagai contoh:

Stasiun Asal: Pasar Senen
Stasiun Tujuan: Semarang Poncol
Tanggal keberangkatan: 7 Februari 2020
Jumlah penumpang dewasa: 2 orang
Jumlah penumpang anak-anak: -
Kemudian klik “Pesan & Cari Kereta,” maka akan muncul informasi nama kereta api yang beroperasi berikut jam keberangkatan, durasi, perkiraan waktu tiba, serta harganya.

5. Jika sudah memutuskan kereta yang dipilih beserta jam keberangkatan, klik “Pesan.”

6. Setelah itu, Anda akan masuk ke halaman Pemesanan. Berisi kolom-kolom data pemesan, termasuk data penumpang yang harus Anda isi secara lengkap.

Di antaranya panggilan atau title, nama pemesan, tipe identitas diri yang akan Anda masukkan (KTP/SIM/Paspos atau lainnya), nomor identitas diri sesuai tipe identitas yang sudah Anda pilih, nomor HP pemesan, alamat email, alamat atau domisili, dan kotanya.

7. Kemudian masukkan data penumpang. Bila Anda sebagai pemesan termasuk penumpang kereta, klik di kolom kecil “Tambahkan ke Daftar Penumpang.” Maka data yang sudah Anda ketik sebagai Pemesan, otomatis akan masuk ke Data Penumpang 1. Selanjutnya Anda tinggal masukkan Data Penumpang 2.

8. Pastikan cek lagi data yang sudah Anda masukkan

9. Jika sudah benar, lalu klik di kolom kecil “Dengan Ini Saya Setuju dan Mematuhi Persyaratan dan Ketentuan.” Lalu klik lagi di bagian kolom “I’m not a Robot.”

10. Setelah itu, klik “Pesan” di bagian bawah

11. Akan muncul kotak pertanyaan, “Apakah data sudah diisi dengan benar?” Jika ya, klik “Ok.” Jika masih ragu, klik “Cancel.”

12. Selanjutnya akan muncul Ringkasan Pemesanan. Terdiri dari data pemesan dan data penumpang. Tertera juga harga tiket, nama kereta yang dipilih, stasiun keberangkatan dan tujuan, tanggal keberangkatan dan tiba, serta nomor gerbong dan kursi.

13. Anda dapat mengganti kursi atau tempat duduk dengan klik “Pilih Kursi.” Lalu pilih gerbong dan kursi yang Anda inginkan. Sebelumnya lihat dulu yang masih kosong. Jika sudah, klik P1 di bagian atas, lalu klik pada kotak (kursi) yang kasih kosong dan Anda inginkan. Kemudian dilanjutkan klik P2 di bagian atas, lalu klik lagi di kotak kosong samping P1.

Cara Pindah Kursi saat Membeli Tiket Kereta Api Online via Website KAI

14. Setelah selesai klik “Konfirmasi Pindah Kursi”

15. Cek di sebelah kanan, jika nomor gerbong dan kursi sudah berubah, berarti pindah kursi Anda berhasil

16. Anda dapat melanjutkan dengan klik “Lanjut ke Pembayaran”

17. Metode pembayaran yang dapat dipilih:

  • Payment point melalui PT Pos Indonesia (Persero)
  • ATM/Mobile Banking/Internet Banking. Pilih bank yang Anda inginkan
  • Gerai ritel, seperti Alfamart, Alfamidi, dan Indomaret.
Pembayaran dapat dilakukan maksimal 1 jam sejak tanggal dan jam pemesanan. Jika lewat waktunya, tiket yang sudah Anda booking batal atau hangus. Bila ingin beli lagi, Anda harus memesan ulang.

18. Setelah selesai seluruh proses pembelian tiket kereta api online melalui website KAI, Anda akan memperoleh bukti pembayaran transaksi tiket kereta atau e-tiket di email yang sudah Anda masukkan dalam data pemesan.

19. E-tiket ini dapat Anda cetak sebelum tanggal keberangkatan di mesin-mesin pencetakan yang ada di stasiun dengan menggunakan barcode atau memasukkan kode pemesanan

Pencetakan tiket ini sudah bisa Anda lakukan sejak 7 hari sebelum tanggal keberangkatan. Tiket yang sudah dicetak atau boarding pass tersebut ditunjukkan ke petugas saat Anda akan memasuki peron stasiun.


Komentar